Jumat, Agustus 24, 2012

Koneksi Fastnet anda lambat tidak seperti biasanya?

Satu hal yang perlu di ketahui pastikan jaringan atau PC di tempat anda tidak ada virus sama sekali !!
Mengapa? Karena problem koneksi ini sangat kompleks banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Agar anda tidak di pimpong oleh pihak CS Firstmedia dan tidak 'malu' kalau ternyata problem melambatnya akses internet di sebabkan oleh PC kita sendiri banyak 'koleksi' virus.

Awalnya penulis menganggap seringnya akses fastnet melambat karena traffic data yang tinggi di sekitar wilayah kita (banyak pelanggan fastnet yang sedang aktif ). Ternyata setelah mencoba-coba dan menganalisa penyebab lambatnya akses terjadi di router pihak firstmedia bisa di cek dengan tool standard windows XP/7 dengan mengetik CMD kemudian pada command prompt ketik "tracert www.google.com" (contoh situs google, bisa coba situs lain)


Kuncinya : perhatikan di hop ke 3 tertulis 13 ms  13 ms  13 ms 202.73.96.73  ini kondisi "normal" atau yang seharusnya. bila melambat angka ini akan menunjukan lebih dari 1000 ms, sayang penulis lupa meng capture saat koneksi bermasalah.

Solusinya telp CS Firstmedia, minta tolong di 'reset'kan dari sisi sana, lalu kita juga coba me 'reset' modem cable kita di sisi kita. Bagaimana mereset cable modem? Mudah saja, cabut kabel adaptor modem, tunggu beberapa saat (30 detik) lalu pasangkan kembali. Lalu tunggu beberapa saat (sekitar 1 menit) sampai modem anda 'online' kembali lalu gunakan tool cmd kembali ketik "ping 202.73.96.73 -t" lalu lihat hasilnya seperti dibawah ini :


Artinya koneksi kembali "Normal" tetapi kalau menunjukkan time=1000ms atau lebih, dipastikan koneksi anda tidak normal. Hal ini sudah di coba beberapa kali ternyata Maknyoss hasilnya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi yang punya masalah yang sama dengan penulis.

Catatan IP address mungkin saja berbeda tergantung lokasi anda berada, IP address yang terpampang disini IP yang ter capture di PC penulis.

Akhirul kata penulis mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

1 komentar:

  1. terima kasih gan, sepertinya di kantor saya mengalami kejadian yang sama,

    BalasHapus