Kamis, April 16, 2009

GPS Teman Perjalanan

Apa sih GPS itu? Kalau kita bahas dari namanya, GPS singkatan dari Global Positining Satelite. Fungsinya untuk apa ya? Salah satu fungsinya memandu kita menuju ke suatu tempat yang belum pernah kita datangi sebelumnya. hanya itu fungsinya? Masih banyak fungsi lain bisa lihat di Wikipedia. Alat GPS ini awal2nya hanya digunakan para pelaut, pilot, surveyor dan petugas yang bekerja di suatu lembaga tertentu untuk menunjang pekerjaannya, mengingat harga GPS dulu bisa mencapai Rp. 5 jt-an. Tapi seperti Handphone saja awalnya segede bagong dan mahal kini berangsur-angsur menjadi lebih kecil, praktis dan murah.

Alat GPS ini mulai banyak digunakan oleh kalangan pribadi untuk memandu perjalanan baik itu sedang wisata, atau mudik. Dan kemungkinan di masa datang menjadi alat wajib yang harus dibawa karena kemungkinan di masa depan orang akan memberikan alamat berupa koordinat, bukan nama jalan lagi.Benar kata orang kalau sudah pakai GPS tidak ada lagi kata tersesat, yang ada pengen jalan-jalan mencari tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungi. Dan salah satu fitur GPS ada yang namanya POI (Point of Interest) , adalah daftar lokasi mulai dari Restauran, kantor, tempat wisata, POM bensin dan lain-lain. Fitur ini sangat membantu jika kita berada di lokasi tertentu ingin cari tempat makan, ATM atau POM bensin yang terdekat. very-very usefull..


Apakah fasilitas ini bayar? Sampai saat ini pemilik satelit GPS, Amerika masih memberikan akses gratis dan kemungkinan akan gratis terus karena sangat berguna dan strategis. Salah satunya untuk pertahanan militer mereka. Bagaimana software dan petanya apakah bayar? Kalau kita membeli alatnya (Personal Navigation Assistant) tentu tidak perlu bayar lagi karena itu sudah satu paket hardware dan software dan peta data terakhir.tapi untuk update ada yang perlu bayar, dan imbalannya kita dapat support update peta selama periode tertentu.Bagaimana kalau PDA/Smartphone yang ber GPS?
Tentu untuk hal ini kita kudu bayar untuk softwarenya, Windows XP saja yang kita gunakan sehari-hari bayar untuk lisensinya. Tapi seperti yang kita sama-sama tahu banyak beredar Windows XP bajakan demikian pula dengan software GPS, ada Garmin Mobile XT dan IGO8 'Best Navigation Software' yang cukup populer di Indonesia.
Peta nya ada yang free untuk Garmin di Navigasi.net. Ada juga yang asli dan bisa di download gratis. Nah untuk yg satu ini explore lah internet dalam-dalam pasti dapat.Ingin ulasan lengkap tentang GPS ini, ini ada link ber Bahasa Indonesia dengan judul artikel "Mau ke mana, kita?"
Selamat jalan-jalan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar